Kanker Serviks Dapat Dicegah, Mengapa Tidak?

kanker serviks

Kanker serviks adalah suatu keganasan yang letaknya ada di rongga serviks atau di bagian serviks atau leher rahim. Setiap 1 jam di Indonesia, satu penderita kanker ini meninggal. Oleh sebab itu, penting untuk kita mempelajari kanker serviks. Dokter Bayu Agus Widianto Sp.OG – Dokter Spesialis Kebidanan & Penyakit Kandungan dari Primaya Hospital Bekasi Barat menjelaskan mengenai kanker serviks.

Gejala Kanker Serviks

Waktu adalah hal yang penting dalam penyembuhan kanker, semakin cepat dideteksi semakin baik. Perhatikan gejala-gejala awal kanker ini.

  • Keputihan yang berbau dan sedikit mengganggu
  • Berdarah pada saat melakukan hubungan suami isteri
  • Pendarahan tanpa henti selama berbulan-bulan

Kanker Serviks dan HPV

“Kanker serviks disebabkan oleh Human Papillomavirus (HPV). Human Papillomavirus itu macam-macam tapi yang menyebabkan kanker yang mengenai wanita ini biasanya adalah tipe 16 dan 18. Ada pula yang disebabkan oleh tipe 51, tipe inilah yang sudah berbahaya,” ujar dokter spesialis kandungan dan kebidanan tersebut. Namun, siapa yang berisiko terkena kanker ini? Setiap wanita berisiko terutama orang-orang yang berhubungan badan terlalu awal.

Baca Juga:  Ayo Kenali Gejala Depresi

Bagaimana cara bekerjanya Human Papillomavirus? Virus ini masuk ke dalam bagian dari serviks, virus tersebut masuk ke dalam tubuh  bersifat lokal, dan virus HPV akan berdiam selama bertahun-tahun, biasanya sampai 10 tahun. “Makanya gejala itu selalu muncul 10 tahun setelah pertama kali terkena HPV,” tambah dokter Bayu Agus.

Pencegahan Kanker Serviks

Kanker ini dapat dicegah. Yang dapat dilakukan untuk mencegah kanker ini adalah dengan tidak melakukan hubungan seksual terlalu dini. Selain itu lakukanlah skrining atau deteksi secara rutin, seperti pap smear ataupun hybrid capture atau melihat HPV-nya dengan pemeriksaan laboratorium.

Apabila sudah melakukan screening, nanti hasilnya akan berupa klasifikasi mulai dari awal sampai yang lesi pra-kanker, hingga kondisi kanker. Apabila masil lesi pra-kanker awal, pasien masih bisa melakukan imunisasi.

Baca Juga:  Pentingnya Memiliki Gizi Yang Baik Untuk Anak

Dokter Bayu, dokter spesialis kebidanan dan kandungan tersebut menyimpulkan bahwa kanker serviks mengancam semua perempuan. Oleh sebab itu diharapkan para perempuan melakukan screening atau pemeriksaan secara rutin. Yang paling baik adalah jika muncul kesadaran untuk melakukan vaksinasi sebagai pencegahan.

Jangan takut, kanker serviks bisa dicegah dan diobati selama belum mencapai stadium akhir. Dengan menyadari faktor-faktor risiko serta penyebab dari kanker ini, diharapkan banyak orang dapat melindungi diri serta orang-orang terkasih. Periksakan kesehatan Anda di Primaya Hospital Bekasi Barat jika ada gejala yang membuat Anda khawatir, dan jangan ragu untuk mengonsultasikan kesehatan Anda.

Pusat Layanan Ibu dan Anak merupakan salah satu keunggulan Primaya Hospital. Lakukanlah pemeriksaan kehamilan demi kesehatan ibu dan anak. Primaya Hospital memiliki dokter kandungan dan dokter anak yang handal di bidangnya. Pusat Layanan Ibu dan Anak difasilitasi dengan pemeriksaan kehamilan USG 3D dan pemeriksaan kehamilan USG 4D oleh dokter obgyn. Primaya Hospital juga menyediakan medical check up dengan dokter spesialis kandungan. Temukan jadwal dokter obgyn kami di sini untuk melakukan konsultasi dokter kandungan.

Baca Juga:  Kegawatdaruratan Urologi

 

Artikel terkait:

Bagikan ke :