• Emergency
  • 150 108

Cara Menghilangkan Kantung Mata Hitam

Cara Menghilangkan Kantung Mata Hitam

Mata merupakan salah satu bagian wajah yang penting untuk penglihatan dan menunjang penampilan. Semua manusia baik pria maupun wanita akan berusaha sebaik mungkin untuk merawat kesehatan mata agar terhindar dari masalah. Dari berbagai macam masalah yang berhubungan dengan mata, kantung mata hitam adalah salah satu yang paling umum dijumpai.

 


Mengenal Kantung Mata Hitam

Kantung mata hitam sebenarnya mengacu pada dua kondisi yang berbeda, yakni kantung mata atau under-eye bags dan lingkaran hitam atau dark circle. Namun kebanyakan orang menyebutnya sebagai satu kesatuan. Bila dalam obrolan, penyebutan itu wajar saja. Namun, ketika hendak mencari jawaban untuk mengatasi masalah tersebut secara medis, akan muncul masalah karena keduanya berlainan.

Dalam artikel ini, yang dibahas adalah kantung mata hitam yang mengacu pada under-eye bags karena kondisi ini kerap ditandai dengan munculnya lingkaran hitam di bawah mata.

Kantung mata biasanya terbentuk saat kulit di sekitar mata mengendur. Bantalan lemak yang berada di bawah mata kemudian turun ke bawah untuk mengisi ruang sehingga tampak seperti kantung. Kelebihan cairan di dalam tubuh juga bisa berkumpul di daerah ini sehingga menyebabkan kelopak mata bagian bawah terlihat sembab dan bengkak.

Bayangan atau perubahan warna kulit yang gelap di bawah mata akan membuat kantung itu terlihat lebih menonjol. Lengkungan gelap yang terbentuk pada kelopak bawah membuat kantung mata terlihat menghitam.

 

Penyebab

Penuaan merupakan salah satu penyebab paling umum pada kantong mata hitam. Bantalan lemak dan kolagen, komponen utama jaringan ikat di kulit, otot, dan bagian tubuh lain, akan menurun seiring dengan bertambahnya usia.

Akibat turunnya kadar kolagen, kulit dan otot di bawahnya menyebabkan kehilangan elastisitas kulit. Kulit di sekitar mata paling terlihat kendur karena sangat tipis. Kantung mata juga sering terjadi karena faktor keturunan atau genetik. Faktor lain yang menyebabkan kantung mata hitam termasuk:

  • Penumpukan cairan di dalam tubuh
  • Kurang tidur
  • Alergi
  • Stress
  • Kelelahan mata
  • Infeksi
  • Penyakit kronis
Baca Juga:  Cara Menghilangkan Kapalan di Kaki

 

Alami Kantung Mata Hitam, Apakah Berbahaya?

Kantung mata hitam pada umumnya berpengaruh pada masalah penampilan, tetapi ada kemungkinan terbentuknya kantung mata disebabkan oleh kondisi medis yang berbahaya, seperti penyakit tiroid, gangguan ginjal, infeksi, atau masalah pada jaringan ikat. Karena itu, lebih baik memeriksakan diri bila merasa terganggu oleh munculnya kantung mata pada wajah.

Walaupun seringkali tidak berbahaya, kondisi yang menyebabkan kantung mata hitam harus menjadi perhatian. Misalnya kantung mata terbentuk karena stres dan kurang tidur. Kedua hal itu merupakan  faktor  yang dapat memicu  timbulnya berbagai masalah kesehatan lain, seperti penyakit jantung.

Contoh lain, bila kantung mata itu disebabkan oleh penumpukan cairan di dalam tubuh, maka harus ada upaya konkret untuk mengatasinya. Sebab, penumpukan cairan bisa terjadi karena masalah kesehatan serius seperti gagal jantung, sirosis hati, atau gagal ginjal.

 

Cara Menghilangkan Kantung Mata Hitam

Terdapat berbagai macam cara untuk menghilangkan kantung mata hitam dan hal tersebut tergantung pada faktor penyebabnya. Perawatan yang dilakukan di rumah biasanya hanya bisa untuk mengecilkan kelopak mata bagian bawah yang membengkak karena penumpukan cairan untuk sementara waktu saja. Metode perawatan di rumah untuk mengatasi kantung mata hitam yang dapat dilakukan  antara lain:

  • Kompres dingin untuk mengurangi peradangan dan pembengkakan. Letakkan kain yang sudah direndam air es, kantung berisi air es, sendok yang dimasukkan ke kulkas, potongan buah dingin, atau apa pun yang dingin di atas mata dalam keadaan tertutup selama beberapa menit.
  • Krim mata yang dijual sebagai produk kosmetik untuk mengurangi pembengkakan mata dan memperlambat efek penuaan.
  • Kantung teh atau kantung kopi dingin yang diletakkan di atas kelopak mata. Teh dan kopi mengandung kafein yang bisa menyempitkan pembuluh darah dan meredakan pembengkakan.
  • Tidur teratur dan cukup, kira-kira 7-8 jam sehari.
  • Kurangi makanan yang mengandung garam karena garam berlebih bisa menyebabkan penumpukan cairan di dalam tubuh.
  • Minum cukup air putih, tapi sebaiknya tidak minum sebelum tidur agar cairan tidak menumpuk di sekitar mata.
  • Concealer untuk memoles kelopak mata agar tidak tampak berkantung.
  • Menjauhi asap rokok karena asap rokok bisa mempercepat efek penuaan.
Baca Juga:  Gangguan Kulit pada Batita

 

Bisakah Hilang Secara Permanen?

Perawatan di rumah termasuk dengan obat-obatan yang dijual bebas umumnya tidak dapat mengatasi kantung mata hitam secara permanen. Untuk menghilangkan kantung mata dalam jangka waktu lebih lama, diperlukan tindakan medis. Misalnya mengisikan cairan filler ke area bawah mata dan pipi dengan cara disuntik. Tindakan ini harus diulang dalam 6-12 bulan. Perawatan dengan laser juga bisa mengencangkan kulit dengan merangsang pertumbuhan kolagen baru sehingga bisa mencegah terbentuknya kantung mata.

Cara lain yang dapat dilakukan adalah pengelupasan menggunakan cairan kimia, yaitu penggunaan cairan kimia tertentu yang dapat membuang sel-sel kulit yang tua sehingga kulit tampak lebih kencang dan cerah. Dalam kasus tertentu, pasien bisa menjalani operasi atau bedah dengan prosedur rawat jalan. Operasi ini bertujuan mengencangkan kelopak mata bawah dan bisa menghilangkan kantung mata hitam secara permanen.

 

Reviewed by

dr. Astrid Rizkya Aniza Salendari, Sp.KK

Dokter Spesialis Kulit dan Kelamin

Primaya Hospital Karawang

 

Referensi:

How to Get Rid of Bags Under Your Eyes. https://www.hopkinsmedicine.org/health/treatment-tests-and-therapies/how-to-get-rid-of-bags-under-your-eyes. Diakses 4 Mei 2022

Bags under eyes. https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/bags-under-eyes/symptoms-causes/syc-20369927.  Diakses 4 Mei 2022

Bags Under the Eyes. https://www.aao.org/eye-health/tips-prevention/bags-under-eyes. Diakses 4 Mei 2022

Puffy Eyes, Dark Circles, and Bags: Dermatologists Explain the Difference. https://www.self.com/story/puffy-eyes-dark-circles-and-bags-dermatologists-explain-the-difference.  Diakses 4 Mei 2022

What Causes Dark Circles Under Your Eyes?. https://www.healthline.com/health/dark-circle-under-eyes#Dark-circles-under-the-eyes. Diakses 4 Mei 2022

What causes dark circles under the eyes?. https://www.medicalnewstoday.com/articles/325989. Diakses 4 Mei 2022

Bagikan ke :

Masuk ke Akun Anda dibawah ini

Isi form dibawah ini untuk melakukan pendaftaran

Retrieve your password

Please enter your username or email address to reset your password.