• Contact Center
  • 1500 007
  • Chatbot

Tips Puasa Sehat agar Puasa Full Sampai Akhir Ramadan

     

Terserang penyakit saat menjalankan puasa Ramadhan tentu akan menimbulkan rasa kurang nyaman, terlebih jika mengharuskan libur puasa dan menggantinya di hari lain. Oleh karenanya, penting untuk mengetahui tips puasa sehat yang disarankan oleh para ahli.

buat jani dokter primaya

Tanpa diimbangi dengan pola hidup yang baik, kesehatan tubuh bisa melemah selama berpuasa. Kunci agar tetap sehat selama berpuasa sangat berkaitan erat dengan makanan yang masuk ke tubuh, kebiasaan tidur, dan aktivitas sehari-hari.

Jangan Abaikan, Ini Tips Puasa Sehat di Bulan Ramadhan

Sesuai pengertiannya, puasa adalah menahan diri melakukan hal-hal yang membatalkan puasa dari terbit fajar hingga tenggelamnya matahari. Jadi selama itu, tubuh akan kekurangan asupan nutrisi dan cairan.

Agar tubuh tetap bugar dan tidak sampai terserang sakit ringan maupun parah selama berpuasa, perhatikan tips-tips berikut:

1. Jangan Skip Makan Sahur

Banyak yang skip makan sahur karena merasa tubuhnya kuat menahan lapar dan haus sampai waktu berbuka tiba. Faktanya, makan sahur merupakan kunci untuk mempertahankan kebugaran tubuh selama seharian.

Hindari makanan tinggi garam dan berlemak yang dapat membuat cepat haus dan mengantuk sepanjang hari. Lengkapi menu makan sahur dengan protein dan karbohidrat kompleks, bisa dari sayuran, buah-buahan, beras merah, oatmeal, roti gandum, kurma, telur, kentang, atau lainnya. Ada baiknya juga penuhi kebutuhan nutrisi dengan lemak sehat dari ikan salmon, alpukat, minum susu rendah lemak, serta minyak zaitun.

Baca Juga:  Anthrax: Gejala, Mencegah dan Mengatasi

2. Rutin Berolahraga

Meski sedang berpuasa, sebaiknya kita tetap melakukan aktifitas fisik ringan seperti yoga, jogging, bersepeda santai, dan senam. Aktifitas fisik secara teratur dapat meningkatkan stamina, rasa percaya diri, daya ingat, mengurangi stres, dan memperlancar peredaran darah.

Setidaknya lakukan 30 menit setiap harinya, bisa pagi, sore, atau malam hari. Sebaiknya tidak memilih berolahraga di siang hari karena meningkatkan risiko dehidrasi yang menyebabkan tubuh terasa sangat lemas dan akhirnya aktivitas sehari-hari menjadi terganggu.

3. Makan Secukupnya Saat Berbuka

Tidak makan dan minum seharian membuat kebanyakan orang yang berpuasa menjadi kalap. Seluruh makanan serta minuman yang tersedia biasanya akan langsung dikonsumsi saat itu juga sampai perut terasa kekenyangan.

Hal tersebut akan menyebabkan kita mudah mengantuk, perut terasa begah, dan lemas. Oleh sebab itu, hindari makan yang berlebihan saat berbuka. Mulailah dengan minum air hangat dan makanan manis. Tingkatkan daya tahan tubuh dengan makanan bergizi seimbang.

4. Konsumsi Makanan Tinggi Protein

Bagi yang sedang menjalankan program defisit kalori, tetap cukupi kebutuhan protein dengan mengonsumsi makanan-makanan yang tinggi kandungan tersebut. Misalnya saja dari dada ayam tanpa atau kedelai.

Mengonsumsi makanan tinggi protein dapat memberi manfaat baik bagi kesehatan, seperti membentuk antibodi, menambah energi, memelihara jaringan tubuh, dan membentuk kekuatan serta kelenturan.

5. Buat Jadwal Tidur dengan Baik

Baca Juga:  Cara Mengatasi Biang Keringat Anak

Aktivitas sehari-hari yang padat selama berpuasa membuat tubuh merasa lelah. Guna mengembalikan energi yang terkuras, beri waktu tubuh untuk beristirahat secara maksimal dan efektif.

Di malam hari, beri waktu tubuh beristirahat selama 4 jam. Peringatan, apabila masih merasa mengantuk setelah makan sahur, jangan sampai langsung tidur. Hal ini sangat berbahaya bagi penderita penyakit maag, Gerd, dan sejenisnya.

6. Penuhi Kebutuhan Cairan Tubuh

Sering merasa bad mood, sakit kepala, migrain, dan sembelit? Hal itu menjadi sinyal bahwa tubuh Anda kekurangan cairan. Solusinya adalah dengan minum 2-3 liter atau sekitar 8 gelas. Hindari minum-minuman yang dapat memicu dehidrasi, seperti teh kopi, dan minuman bersoda.

Itulah ulasan mengenai tips puasa sehat yang sebaiknya Anda terapkan. Jangan lupa untuk selalu memperhatikan kondisi tubuh. Apabila merasa tidak kuat berpuasa karena satu dan lain hal, termasuk sakit, dehidrasi parah, atau lainnya yang berpotensi menyebabkan pingsan, sebaiknya tidak melanjutkan puasa. Silakan menggantinya di lain hari.

Narasumber:

Dr. Elizabet Veren

Dokter Umum

Primaya Hospital Karawang

 

Referensi:

  • Tips Penting Jalani Puasa Agar Tetap Sehat, https://dinkes.acehprov.go.id/detailpost/tips-penting-jalani-puasa-agar-tetap-sehat, dikutip pada 12 Maret 2024
  • How to Fast Safely: 10 Helpful Tips. https://www.healthline.com/nutrition/how-to-fast, dikutip pada 12 Maret 2024
  • 7 Ways to Save Your Health.  https://www.linkedin.com/pulse/20141125123628-129901293-7-ways-to-save-your-health, dikutip pada 12 Maret 2024
Bagikan ke :

Promo

Login to your account below

Fill the forms bellow to register

Retrieve your password

Please enter your username or email address to reset your password.